Mengenal Manfaat/Kegunaan HTTPS untuk blog (blogger)

Mengetahui dan mengenal HTTPS untuk blog/website (intro)
Mengenal Manfaat/Kegunaan HTTPS untuk blog (blogger) >> Jika sebelumnya kita telah membahas, mengetahui, dan mengenal tentang HTTPS, maka disini kita akan sedikit lebih kedepan. So, apa pentingnya/kegunaan dari https untuk blog kita yang berplatform blogger khususnya dan umumnya untuk sebuah website?

nah, sebenarnya secara singkat admin katakan sebagai blog biasa (yang berisi postingan/artikel) maka https 'tidak terlalu' penting, karena pengguna juga tetap bisa mengunjungi blog kita tanpa harus https. Namun, disini ada beberapa kegunaannya, yang mungkin bisa menjadi pertimbangan buat agan, diantaranya adalah:

1. Lebih aman
Nah, seperti yang telah dijelaskan pada postingan pembukaan tentunya blog dengan https lebih aman karena dengan adanya ssl(secure socket layer) maka koneksi data yang dilakukan akan dienkripsi. Kalau kata orang-orang sih "kalau udah ada kata aman, maka akan tercipta sebuah kenyamanan #loh
Yang penting intinya blog akan lebih aman karena koneksi datanya terenkripsi.

2. Lebih dipercaya
Dengan tersedianya https pada url blog kita, tentunya kepercayaan pengunjung akan bertambah, terlebih bagi mereka yang mengetahui fungsi dan arti dari https itu sendiri (internet surfer).
Dan juga tentunya bagi pembaca sobat BBA Online yang blognya mempromosikan berbagai barang produk ataupun jasa tentunya harus mencoba fitur gratis https yang disediakan oleh blogger. (terlebih lagi yang makai domain sendiri). Karena dengan adanya https, maka blog agan juga akan mendapatkan kepercayaan lebih dari pengunjungnya.
Tapi tentunya tidak disarankan bagi blog scam/penipu seperti blog penipuan undian berhadiah bank dan leain sebagainya.

3. Lebih keren
Nah, kalau ini mungkin menjadi alasan sebagian orang. Yupz, tentunya dibandingkan dengan blog yang menggunakan http, tentunya blog dengan https (dan ada tanda gembok ijo) lebih terlihat keren dan ekslusive.
Dan alasan ini bukan hanya bagi web master, karena pengunjung juga akan merasakan hal yang sama. Ketika pengunjung mengunjungi blog kita, maka akan terlihat berbeda dan 'keren'. Sehinnga pengunjung suka bermain di blog tersebut.
Nah, bagaimana menurut agan untuk kegunaan 'agar keren' ini..? (sebenarnya point ini dibuat cuma untuk memenuhi ruang tulisan aja... heheh..)

4. Lebih SEO Friendly
Nah, sebenarnya point yang nomor 4 ini cukup penting, dan sengaja di taruh sebagai point terakhir karena mungkin sifatnya 'pemaungkas'. Dengan adanya kata SEO Friendly, maka tentunya para admin blog/webmaster akan lebih fokus. Nah, kenapa menggunakan https pada blog dapat menambah nilai seo friendly?

Well, seperti yang dijelaskan di blognya Google, fitur keamanan menjadi salah satu faktor penentu di mesin pencarian Google. Dan dari fitur keamanan itu adalah ketersediaan https pada url blog/web. Jadi, penggunaan https dapat mempengaruhi rangking blog kita di Google, namun tentunya banyak juga faktor lain yang mempengaruhi posisi blog di Google. Jadi perlu ditekankan penggunaan https adalah "salah satu" faktor tersebut, bukan "satu-satunya" faktor.

Jadidengan menggunakan https setidaknya nilai SEO dan ranking kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dan karena faktor tersebut jugalah Google memberikan fitur https kepada para pengguna blogspot.

Artikel Selanjutnya:
3 - Cara mengubah blogspot (blogger) menjadi https
4 - Cara memperbaiki dan mengoptimalkan https pada blogger
5 - Cara memperbaiki dan mengoptimalkan https pada postingan blog

Kalau ada saran, pertanyaan atau request cara, silahkan tinggalkan di kolom komentar ya.. ^_^
Klik dan Baca juga Artikel Tips Internet lainnya
Terimakasih karena telah membaca postingan berjudul : Mengenal Manfaat/Kegunaan HTTPS untuk blog (blogger). Semoga Bermanfaat :)

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim)
Sebarkan Ilmu, Dapatkan Pahala, klik tombol dibawah ini ^_^
** Download Aplikasi Belajar Bahasa Arab Praktis Gratis **
Komentar via Facebook

5 Komentar via Blog

Masa sih mas? Saya agak ragu sebenarnya mau ganti kata awal url dengan 'https' atau tidak. Belum tau banyak mengenai 'manfaat' yang sebenarnya.

yupz, benar gan,,, untuk point 2 dan 3 itu berdasarkan pengalaman ane, sedangkan untuk manfaat 1 dan 4 itu bisa di cek sendiri di google blog gan...
Jadi kalau mau ditukar, ya ditukar aja gan ke https mumpung gratis dan gak ada ruginya... :))

Klo menurut mas, mending make apa enggak ?

sebaiknya memang pakai https, karena manfaatnya banyak....

Back To Top