Mengetahui dan mengenal HTTPS untuk blog/website (intro)

Mengetahui dan mengenal HTTPS untuk blog/website (intro)
Mengetahui dan mengenal HTTPS untuk blog/website (intro) >> So, pada postingan sebelumnya telah dijelaskan secara singkat mengenai https. Namun, disini admin akan sedikit merincikannya sehingga lebih mudah difahami. HTTP adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol, sedangkan https adalah Hyper Text Transfer Protocol Secure. Jadi tambahan huruf "S" pada https berarti secure atau aman.

Jadi, sesuai dengan perbedaan yang paling menonnjol (adanya tambahan huruf S) maka fungsi utama/kelebihan https dibandingkan http adalah kata "aman", maksudnya setiap komunikasi data yang terjadi dari client dan server akan di enkripsi terlebih dahulu oleh SSL (Secure Socket Layer) maupun TSL (Transport Layer Security) jadi akses ke blog agan menjadi lebih aman.

Dan untuk info, biasanya yang menggunakan https adalah perusahaan2 besar ataupun mereka yang memang memerlukan transaksi data aman, seperti situs internet banking (bca, mandiri, bri) ataupun situs ecommerce (tokopedia, lazada) dan lainnya (facebook, twitter).

Dengan adanya https, maka transaksi yang terjadi antara nasabah bank (Sebagai contoh) dengan website ketika mereka melakukan transaksi online (internet), maka data-data yang dikirim dan dimasukkan ke website tersebut akan di enkripsi dengan kode-kode khusus, sehingga orang lain tidak bisa membaca dan mencuri data tersebut.

Contoh simplenya bisa dilihat digambar berikut:

Mengetahui dan mengenal HTTPS untuk blog/website (intro)


Nah, jadi intinya transaksi dan kegiatan internet tersebut menjadi aman. Begitupula dengan aktifitas2 lain di internet, jika kita menggunakan https, maka aktifitas tersebut menjadi lebih aman dibandingkan dengan manggunakan https. Biasanya, untuk mendapatkan acces melalui HTTPS, seorang webmaster harus melakukan pendaftaran dan menginstal script dari SSL (dan webmaster juga harus membayar lagi untuk mendapatkan akses HTTPS, walaupun ada juga penyedia SSL gratis (akan dibahas di postingan2 selanjutnya).

Namun, kabar baiknya adalah dimana Google menyediakannya secara gratis untuk para pengguna blogger. Dan untuk menggunakannya juga sangat mudah, hanya diperlukan beberapa klik. Untuk caranya, akan dibahas di postingan2 yang akan datang.

Artikel Selanjutnya:
2 - Mengenal Manfaat/Kegunaan HTTPS untuk blog (blogger)
3 - Cara mengubah blogspot (blogger) menjadi https
4 - Cara memperbaiki dan mengoptimalkan https pada blogger
5 - Cara memperbaiki dan mengoptimalkan https pada postingan blog

Kalau ada saran, pertanyaan atau request cara, silahkan tinggalkan di kolom komentar ya.. ^_^
Klik dan Baca juga Artikel Tips Internet lainnya
Terimakasih karena telah membaca postingan berjudul : Mengetahui dan mengenal HTTPS untuk blog/website (intro). Semoga Bermanfaat :)

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim)
Sebarkan Ilmu, Dapatkan Pahala, klik tombol dibawah ini ^_^
** Download Aplikasi Belajar Bahasa Arab Praktis Gratis **
Komentar via Facebook

0 Komentar via Blog

Back To Top