06. Ma'rifah dan Nakirah



Ok, secara umum, bisa dikatakan bahwa:

NAKIRAH (Sebarang) - MA'RIFAH (Tertentu)


Berikut lebih detailnya:

Menurut penunjukannya, Isim dapat dibagi dua:
1. ISIM NAKIRAH atau kata benda umum atau tak tentu.
2. ISIM MA'RIFAH atau kata benda dikenal atau tertentu.

Isim Nakirah merupakan bentuk asal dari setiap Isim, biasanya ditandai dengan tanwin ( ً ٍ ٌ) pada huruf akhirnya. Isim Nakirah menunjukkan bahwa sesuatu yang disebut itu adalah tidak pasti/jelas dan sembarang.

Contoh:
Ketika mengatakan "seorang anak laki2/waladun" maka kata anak laki2 pada kalimat tersebut adalah sebarang, bisa saja untuk siapa saja selagi dia adalah anak laki-laki, tidak ditentukan, jadi kita tidak tau anak laki2 mana yg dimaksud. Maka isim tersebut termasuk kedalam goongan nakirah. dan penulisannya > "walaDUN"

Sedangkan Isim Ma'rifah biasanya ditandai dengan huruf Alif-Lam (ال) di awalnya. Isim Ma'rifahah menunjukkan bahwa sesuatu yang disebut itu adalah pasti/jelas dan tertentu.

Contoh:
Ketika mengatakan "anak laki2 itu pintar/ALwaladu zakiyyun" maka kata anak laki2 pada kalimat tersebut adalah jelas dan mengarah kepada org yg di tuju(tertentu saja, bukan semua anak laki2), dan kita telah jelas mengetahui anak laki2 yg dimaksud.

Maka isim tersebut termasuk kedalam goongan nakirah. dan penulisannya > "ALwaladu"
Dan termasuk juga "ismun alam/nama bagi sesuatu" sebagai bagian dari ma'rifah, karena yang di tuju telah jelas. Misalnya: "Maulana zakiyyun". Jadi ismun alam (maulana) adalah merupakan ismun ma'rifah, karena yang di tuju adalah jelas dan ditentukan.

Berikut ini beberapa contoh nakiroh dan ma'rifah:


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzg2ygnwtMz3TTqsLG6DkH5XblCEjOmj-Fj8_XUeFmPcFKKZiIcFhGOLtexp0jXBIAmLOzfVmL5l9nmQrY2GyqESCdE2Bxh8PAMVypW4KGf92atOOXUa0-ThwIxmnFL_rCWkNORzM9uT8/s400/nakirah.jpg

Intinya, Nakiroh itu kata yang belum jelas/sembarang, sedangkan Ma'rifah itu jelas/tertentu.
Nah, selain itu, ciri dan perbedaan lainnya adalah dimana Nakiroh itu biasanya ditandai dengan tanwin diakhir katanya, dan ma'rifah ditandai dengan alif lam diawal katanya.

#Jika ada pertanyaan, atau lainnya silahkan tinggalkan pada kolom komentar! Semoga dapat bermanfaat! ^_^
Klik dan Baca juga Artikel Materi Bahasa Arab lainnya
Terimakasih karena telah membaca postingan berjudul : 06. Ma'rifah dan Nakirah. Semoga Bermanfaat :)

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim)
Sebarkan Ilmu, Dapatkan Pahala, klik tombol dibawah ini ^_^
** Download Aplikasi Kamus Bahasa Arab Tematik Gratis **
Komentar via Facebook

2 Komentar via Blog

yg saya tahu sih marifat itu 1 / se atau dalam bahasa inggrisnya a/an.
Kalau nakiroh tertuju pada kelompok atau golongan, yg penting lebih dari 2.
Dan ada satu lagi yaitu tasniah, tasniah tertuju pada yg ber ma'na 2.

Bagai mana pendapat anda ?

@ahmad: ya, mmg benar biasanya yg ada "se"nya itu adalah ma'rifah. seorang anak laki2. Tapi bukan berarti ma'rifah itu hanya terdapat pada kata yg diawali "se". Karena secara bahasa saja ma'rifah artinya adalah "diketahui". Yaitu benda/sesuatu yg diketahui secara jelas. kalau untuk bilangan, bukan dibedakan dgn ma'rifah dan nakiroh, melainkan mufrod/tafrid, mutsanna/tatsniah, dan jamak.

Back To Top