Hal2 Yang tidak perlu di tuliskan di Curriculum Vitae (CV)

Dengan alasan ingin memberikan informasi diri selengkap mungkin kepada calon perusahaan, kita pun menyebutkan secara rinci data diri dalam Curriculum Vitae (CV). Namun, sebenarnya terdapat beberapa hal yang tidak perlu kita cantumkan dalam resume.

Bukan berarti data tersebut fatal, tapi alangkah baiknya jika data tersebut tidak dicantumkan. Menurut buku buku 13 Cara Menyusun CV dan Surat Lamaran Kerja karangan Wulandari Setyaningrum dan RN Superteam, ada lima hal yang tidak perlu dicantumkan dalam resume.

Menuliskan jenis kelamin
Diskriminasi antara pria dan wanita perlahan mulai hilang. Kini, perusahaan memandang pria dan wanita memiliki kesempatan, serta hak dan kewajiban yang sama. Penilaian perusahaan tidak diletakkan pada gender tetapi pada etos kerja dan komitmen yang Anda miliki.

Tinggi atau berat badan
Perusahaan tidak akan mempermasalahkan berat atau tinggi badan yang Anda miliki. Mereka lebih mengedepankan kesehatan jasmani dan rohani Anda. Perusahaan justru tidak menyukai jika berat atau tinggi badan mempengaruhi etos kerja Anda.

Menyebutkan agama
Menyebutkan agama sebetulnya sah-sah saja jika Anda meyakini perusahaan tersebut bergerak dalam bidang yang sesuai dengan keyakinan Anda. Permasalahan timbul jika Anda belum mengetahui pasti perusahaan tersebut dipimpin siapa dan berkiblat pada agama apa. Beruntung jika perusahaan tersebut sejalan dengan Anda dan tidak membatasi karyawan yang ingin beribadah. Tapi, yang mengkhawatirkan apabila pemimpin perusahaan bersifat fanatik dan hanya ingin menerima karyawan yang berkiblat pada agama yang sama dengannya.

Permintaan gaji
Jangan mencantumkan permintaan gaji pada CV. Biarkan perusahaan yang menawarkan kepada Anda berapa gaji yang Anda inginkan. Jika tidak diminta, maka jangan menyebutkan nominal gaji yang Anda inginkan. Penawaran gaji biasanya akan dilakukan oleh pihak perusahaan ketika interview.

Permintaan fasilitas
Permintaan fasilitas yang berlebihan akan menjatuhkan harga diri Anda. Bersabarlah untuk mendapatkan semua fasilitas tersebut. Perusahaan akan memiliki win-win solution untuk itu.
Klik dan Baca juga Artikel Info Pendidikan lainnya
Terimakasih karena telah membaca postingan berjudul : Hal2 Yang tidak perlu di tuliskan di Curriculum Vitae (CV). Semoga Bermanfaat :)

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim)
Sebarkan Ilmu, Dapatkan Pahala, klik tombol dibawah ini ^_^
** Download Aplikasi Belajar Bahasa Arab Praktis Gratis **
Komentar via Facebook

0 Komentar via Blog

Back To Top