Mendapatkan Nilai plus dari Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae (CV) menjadi penentu peluang kita untuk masuk tahap interview kerja. Jika CV kita tidak menarik perhatian para penyeleksi maka bukan tidak mungkin hanya akan berakhir dalam tumpukan berkas atau dengan mudahnya dihapus dalam inbox email.
Untuk meningkatkan nilai jual CV ada beberapa langkah yang kita perlukan. Jika sebelumnya sudah ada lima langkah, yakni menggunakan kertas putih, pemilihan jenis huruf, memperhatikan tanda bahasa dan ejaan, memperhatiakan aspek kerapian dan keindahaan, serta eksplisit, berikut lima langkah selanjutnya. Demikian, seperti dikutip dari buku 13 Cara Menyusun CV dan Surat Lamaran Kerja..

Isi singkat dan berisi
Anda bukanlah satu-satunya pelamar pada pekerjaan tersebut. Terdapat ratusan bahkan ribuan CV lain yang mengantre untuk diseleksi oleh perusahaan dan mereka tidak memiliki waktu untuk membaca CV tersebut secara mendetail hingga tuntas. Oleh karena itu, tulislah CV sesingkat mungkin namun dapat menarik perhatian mereka dalam beberapa detik. Jika penyeleksi harus memahami CV Anda dalam waktu lebih dari tiga menit, maka CV Anda dapat dikategorikan buruk.

Selektiflah dalam memasukkan data-data personal pada CV. Menjadi nilai lebih bagi Anda ketika CV tersebut padat dan berisi karena Anda dianggap orang yang fokus dalam pekerjaan. Banyak perusahaan menyukai karyawan yang bekerja secara sistematis namun pekerjaannya tidak sistemik.

Jujur
Jujurlah dalam menulis CV Anda. Tidak perlu melebih-lebihkan potensi yang Anda miliki maupun menutupi prestasi yang sebenarnya Anda miliki. Perusahaan akan sangat menghargai Anda jika Anda pun mampu jujur pada diri sendiri.

Sesuaikan dengan kualifikasi yang dibutuhkan
Sebaik dan sebagus apapun CV Anda jika tidak memenuhi kualifikasi yang ditetapkan perusahaan tersebut, CV Anda hanya akan didiamkan. Setiap perusahaan memiliki kualifikasi dan spesifikasi masing-masing. Oleh karena itu, pastikan kita mengetahui kualifikasi maupun spesifikasi yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut sebelum membuat CV.

Rekomendasi
Jika memang ada pihak-pihak yang dapat memberi referensi mengenai kualifikasi yang Anda miliki, maka cantumkan nama dan nomor telepon orang tersebut. Pastikan orang tersebut memang mengetahui kemampuan dan kepribadian Anda sehingga dapat memberikan nilai-nilai positif bagi perusahaan tujuan.

Konsistensi karier
Pengalaman magang maupun pekerjaan di bidang serupa yang memang kita minati akan menunjukkan konsistensi kita terhadap pekerjaan tersebut. Pihak penyeleksi akan menganggap kita mahir dan memiliki keahlian pada bidang tersebut.

Klik dan Baca juga Artikel Info Pendidikan lainnya
Terimakasih karena telah membaca postingan berjudul : Mendapatkan Nilai plus dari Curriculum Vitae (CV). Semoga Bermanfaat :)

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim)
Sebarkan Ilmu, Dapatkan Pahala, klik tombol dibawah ini ^_^
** Download Aplikasi Belajar Bahasa Arab Praktis Gratis **
Komentar via Facebook

0 Komentar via Blog

Back To Top