Kapan awal bulan Ramadhan 2014 di Indonesia

Nah, mungkin pertanyaan seperti kapan bulan ramadhan tiba, kapan awal puasa, kapan mulai puasa, kapan dan bagaimana cara menentukan awal bulan Ramadhan di Indonesia dan lainnya akan sering bermunculan didunia maya dan juga didunia nyata. Lalu, bagaimana jawabannya???

Ya sebenarnya jawabannya cukup singkat, mudah, padat dan jelas.. Kapan awal puasa?? Ya pastinya tanggal 1 ramadhan. Loh,,, Ya, karena itu memang jawaban yang pasti... Dan pastinya mungkin semua dari kita juga telah mengetahuinya...

Tapi, jika ditanya kapan awal puasa di Indonesia tiba??? Nah, kalau yang ini barulah kita tidak bisa asal menjawab. Ya, karena itu harus berdasarkan penghitungan dan pengkajian yang sangat matang dari ahlinya.

Namun, jika sahabat disini ada yang mengikut Muhammadiyah, maka sebenarnya beberapa bulan lalu (kalau nggak salah) Muhammadiyah telah menentukan bahwa awal ramadhan jatuh pada tanggal 27 juni. Mengapa Muhammadiyah duluan mengetahuinya?? Ya karena Muhammadiyah melakukan cara dengan menggenapkan jumlah harinya. Dan itu tentunya sah di dalam Islam.

Nah, sedangkan didalam kalender yang telah dicetak dari tahun lalu (hehe..) disitu tertera bahwa bulan Ramadhan akan tiba pada tanggal 29 juni. Ups, tapi kalau yang ini jangan LANGSUNG diikuti ya, sebaiknya kita tunggu pemerintah aja atau bisa ikut dengan Muhammadiyah.

Nah, untuk metode yang digunakan pemerintah kita itu adalah dengan sidang isbat, dengan melihat keadaan bulan. Dan ini biasanya ditentukan satu atau dua hari menjelang bulan Ramadhan...

Oh ia, satu lagi... Nanti biasanya ada aja yang saling menyalahkan kaum lain. Yang A menyelahkan B, dan sebaliknya hanya kerena perbedaan awal puasa. Nah, perlu digaris bawahi neh sahabat, kita tidak bisa menyalahkan A, atau B hanya karena perbedaan awal puasa (kalau nanti seandainya terjadi), karena tidak ada yang salah, selagi kedua2nya mengikuti cara menentukan awal puasa seperti yang diajarkan agama islam.

Nah, tapi kalau mau menyalahkan seseorang juga, maka jangan salahkan mereka yang berpuasa duluan atau mereka yang berpuasa belakangan, tapi salahkanlah mereka yang tidak puasa tanpa sebab apapun,,, Hehehe...

So, sekian dulu ya penjelasan singkat tentang awal bulan Ramadhan di Indonesia. Semoga bermanfaat ya sahabat...
Klik dan Baca juga Artikel Artikel Menarik lainnya , Artikel ramadhan lainnya
Terimakasih karena telah membaca postingan berjudul : Kapan awal bulan Ramadhan 2014 di Indonesia. Semoga Bermanfaat :)

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim)
Sebarkan Ilmu, Dapatkan Pahala, klik tombol dibawah ini ^_^
** Download Aplikasi Belajar Bahasa Arab Praktis Gratis **
Komentar via Facebook

0 Komentar via Blog

Back To Top