20. Materi bahasa arab: Fi'il Madhi beserta contohnya (bag I)

20. Materi bahasa arab: Fi'il Madhi beserta contohnya (bag I)
Materi bahasa arab: Fi'il Madhi beserta contohnya >> Mungkin mulai dari materi ini akan sedikit sulit daripada materi2 sebelumnya, karena itu keep fokus ya sobat arabi. Dan pastinya, sesuai dengan judul, maka di materi ini admin akan membahas mengenai materi fi'il madhi, atau kata kerja yang telah berlalu...

Nah, sebelumnya, masih ingatkan dengan yang namanya “domir”??? Jika belum ingat silahkan diingat kembali, karena materi disini sangat berhubungan dengan domir. Disini kita akan mempelajari kata kerja dalam bahasa arab,atau bisa disebut dengan fi’il.
Fi’il dilihat dari segi waktu pelaksanaannya terbagi dua dalam bahasa arab, yaitu
- fi’il madhi > kata kerja yang telah lalu. (sudah dilakukan)
- fi’il mudhari’ > kata kerja yang sedang dilakukan, atau yang akan dilakukan.

Wah koq Cuma 2??
 Sedangkan bhs inggris aja ada 3!.

Ya, memang hanya dua, namun yang dua ini lebih banyak daripada yang ada pada bahasa inggis. Yaitu dimana setiap kata kerja/fi’il mempunyaibentuk yang berbeda, tergantung dengan subjeknya (domir).

Nah, jadi bentuk2 tersebutlah yang akan kita pelajari pada materi ini, karena itu kita harus benar2 ingat dan hafal dengan 12 domir yang telah kita pelajari pada materi 05.
المَاضِ فِعلُ
(Fi’il madhi)
Yaitu kata kerja yang menunjukkan tentang suatu perbuatan yang telah selesai dikerjakan. Atau jika dalam bahasa Inggris kita mengenalnya dengan sebutan past tense.

contoh :
- Muhammad (telah) pergi ke mesjid = zahaba Muhammadun Ilal masjidi /
ذَهَبَ مُحَمَّدُ اِلَى المَسجِدِ

- Saya (telah)pergi ke kelas = zahab_TU ilal fashli /
ذَهَبتُ اِلَى الفَصلِ

- Kamu (pr) (telah)pergi ke sekolah = zahab_TI ilal madrosati /
ذَهَبتِ اِلَى المَدرَسَةِ

Loh kenapa ada kata saya dalam artinya, sedangkan pada bahasa arabnya tidak ada kata “ana”?? Nah itulah yg dipelajari disini..! 

Dan seperti itulah contoh dari fi’il madhi. Jika kita perhatikan, maka sebenarnya asal dari kate kerja di atas (pergi) adalah satu yaitu “zahaba” (pada contoh pertama). Untuk fi’il selanjutnya (zahab_TA dan zahab_TA) merupakan perubahan dari fi’il yang pertama.
Perlu kita ketahui : Bahwa semua kata kerja dalam bahasa arab “fi’il” adalah berasal dari tiga huruf. Sebagaimana contoh diatas terdiri dari huruf “dza”, “ha”, “ba”. Dan biasanya berbaris atas “zahaba”. Maka itulah sebenarnya asal dari fi’ilnya.
Namun selanjutnya fi’il tersebut mengalami perubahan, menyesuaikan dengan “domir” nya. Pada kasus diatas, karena telah dimasuki domir saya “ana” maka fi’il berubah menjadi “zahab_TU”. Jika kita lihat terdapat satu huruf yang disukunkan (dibuat berbaris mati) yaitu huruf “ba”, lalu di tambah dengan “TU”. Nah jadi “TU” disinilah sebenarnya yang menjadi domir.


Nah, sedangkan kata domirnya tidak perlu dituliskan lagi (ana), karena domirnya telah beradaptasi/berubah menjadi “TU”.
lanjut materi bahasa arab fi'il madhi beserta contohnya bag II disini
Klik dan Baca juga Artikel Materi Bahasa Arab lainnya
Terimakasih karena telah membaca postingan berjudul : 20. Materi bahasa arab: Fi'il Madhi beserta contohnya (bag I). Semoga Bermanfaat :)

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim)
Sebarkan Ilmu, Dapatkan Pahala, klik tombol dibawah ini ^_^
** Download Aplikasi Belajar Bahasa Arab Praktis Gratis **
Komentar via Facebook

0 Komentar via Blog

Back To Top