Islam di Mata Ahok (Kultwit full)

Islam di Mata Ahok >> Mungkin judul postingan ini menarik dan penuh dengan tanda tanya. Awalnya, admn hanya melihat "Islam di Mata Ahok" sempat bertengger dalam trending topik Indonesia. Karena penasaran, admin pun akhirnya mencoba mencari dan mengetahui lebih lanjut tentang hal tersebut.

Dan akhirnya admin menemukan bahwa "Islam di Mata Ahok" merupakan sebuah kultwit yang di tweet oleh Ahmad Shala (@sahal_as) yaitu ketika beliau berbincang2 dengan pak Ahok, Gubernur DKI Jakarta. Yang menarik adalah dimana yang kita ketahui adalah pak Ahok sendiri Non-Muslim, namun karena terus membaca kultwit tersebut, tampaknya bisa dijadikan bacaan ringan, jadi admin share disini.

Berikut ini kultwit lengkapnya:

Saat maksi dgn Ahok kemarin, Ahok bicara ttg banyak hal, termasuk ttg Islam. Nanti siang saya akan kultwit ttg "Islam di Mata Ahok."

1, Berikut adlh kultwitku ttg "Islam Di Mata Ahok: Obrolan Maksi dgn Pak Gubernur."

2. Kemarin (15/9/ 2015) saya maksi dgn Pak @basuki_btp di Balaikota. Ikut jg @TatiWardi @imadya @saidiman @ProfetikaEkkles Sirajudin Abas.

3. Dlm acara maksi yg berlangsung hampir dua jam tsb, Ahok bicara banyak  ttg pelbagai problem Jakarta. Suasananya sante, informal.

4. Ketika @TatiWardi nanya ke Ahok soal Islamic Center, ttg visi dan programnya, Ahok lantas mengungkap pandangannya ttg ISLAM.

5.Pandangan Ahok ttg Islam bertolak dari pergulatannya sbg Keturunan yg nonmuslim dlm bergumul dan berinteraksi dgn kalangan Islam.

6. Kultwit  ttg "Islam di Mata Ahok" ini terbagi dlm dua bagian (1) Pandangan Ahok ttg islam. (2) Tanggapan personal saya thdnya.

7. Mnrt Ahok ia dibesarkan dlm lingkungan muslim, jadi sejak kecil akrab dgn Islam, dan merasa terlibat dgn "nasib" masy muslim.

8. Persoalan utama ttg Islam yg cukup lama menggelayut di benak Ahok adlh ini: "Kenapa kaum muslim skrg mengalami kemunduran?"

9. Menariknya, Ahok tidak bilang "kalian" ketika bicara ttg "umat islam", tp menyebut "kita". Tanya Ahok: "kenapa kita skrg mundur? "

10. Pas bilang "knp kita mundur," Ahok mungkin lupa kalo dia nonmuslim. Atau mungkin krn  ngomongnya sama saya. Biar saya ga tersinggung :)

11. Tp apapun alasannya, saya menangkap adanya sikap Ahok yg coba melihat persoalan dari dalam, dari perspektif internal muslim sendiri.

Islam di Mata Ahok (Kultwit full)

12. Pertanyaan "knp muslim skrg mundur",  yg banyak diajukan kalangan muslim pembaharu, menjadi menarik ketika dilontarkan seorang AHOK.

13. Kata Ahok, dulu saat Barat masih terbelakang, masih memantik api dari batu, peradaban Islam di Baghdad, Kairo, Andalusia udah unggul.

14. Tp skrg negara dan komunitas muslim jauh tertinggal dari Barat. Kenapa ini terjadi? Ahok mengawali jawabannya dgn cerita pribadi.

15. Suatu kali Ahok bertemu dgn  seorang Ustadz dari China daratan, Ust Abu Bakar, yg hapal qur'an, pinter bhs Arab, dan lulusan Harvard.

16. Selain itu, Ust Abu Bakar punya jiwa enterpreneusrhip dgn ethos kerja modern sekaligus berdasar Islam. Islami sekaligus modern.

17. Bagi Ahok, Ust China Daratan tsb mrpkn model yg harusnya ada dlm Peradaban Islam: Islami, berakar pd budayanya, sekaligus modern.

18. Bagi Ahok, kalo muslim betul2 meneladani Nabi Muhammad, mrk mestinya jadi manusia2 kreatif, baik dlm pikiran maupun tindakan.

19. Bagi Ahok, manusi2 kreatif lahir dari kultur dgn ethos kerja dan wiraswasta, yg selalu adaptif thd perubahan zaman dan tempat.

20. Kultur semacam itu, mnrt Ahok, bisa dijumpai pd Nabi Muhammad, yg nota bene seorang pedagang dan wiraswastawan.

21. Kt Ahok, Muhammad jadi Nabi bkn semata2 krn prerogatif Tuhan, tp jg krn keunggulannya sbg manusia dlm menghadapi tantangan hidupnya.

22. Bagi Ahok, keunggulan Nabi Muhammad sbg manusia tercermin dlm keberhasilannya sbg usahawan, dan visinya yg jauh maju ke depan.

23. Salah satu visi Nabi Muhammad yg dikagumi Ahok terangkum dlm hadits "carilah ilmu ke negeri China." Tafsiran Ahok ttg ini menarik.

24. Stlh bergumul dlm pencarian bertahun2 ttg apa makna hadits tsb, Ahok menyimpukan bahwa hadits tsb tak sekedar ttg jarak geografis.

25. hadits tsb, mnrt Ahok, adlh perintah Nabi utk mengambil pelajaran dari Peradaban China saat itu yg maju, yg berdasar paham Confusius.

26. Ada 3 ajaran Confisius dlm soal ini: kesetaraan dan anti diskriminasi dlm pendidikan, pentingnya pemerataan, dan pemimpin yg lurus.

27. Bagi Ahok, hadits di atas mencerminkan sikap Nabi sbg wiraswastawan yg terbuka thd peradaban lain yg maju. Ini keunggulan Muhammad.

28. Bagi Ahok,wirausahawan cenderung cari teman bkn musuh, mau balajar dari budaya lain yg lebih maju, dan hrs kreatif agar tetap eksis.

29. Wirausaha yg ditekankan Ahok tak semata2 ttg berdagang, tp ttg kreativitas dan terbuka thd kultur lain. Ini syarat bagi kemajuan.

30. Bagi Ahok, Peradaban Barat yg tadinya terbelakang bisa menjadi maju krn kuatnya kultur kreatif: mau dan berani utk mencipta hal baru.

31. Kreativitas mensyaratkan adanya kemauan utk melakukan eksplorasi dan pencarian tanpa henti thd segala hal. Bersikap rasional n kritis!

32. Pelajaran dari barat: kultur kreatif akan subur dlm peradaban yg ramah enterpreneurship, n wirausaha akan subur dlm iklim yg kreatif.

33. Nah mnrt Ahok, watak dasar Islam sejatinya menghargai enterpreneurship dan kreativitas, dan itu yg membuat peradaban Islam dulu maju.

34. Mnrt Ahok, peradaban Islam belakangan ini mundur krn tidak kondusif lagi thd berkembangnya kreativitas dan sikap kritis.

35. Dgn kerangka berpikir itulah Ahok berharap masy muslim di Indonesia mengembangkan pendidikan yg tak sekedar menghapal, tp jg kritis.

36. Ahok melihat, pendidikan Islam di Indonesia masih berkutat pd hapalan ketimbang menanamkan karakter dan ethos kerja yg pro kemajuan.

37. Krn itulah Ahok ingin agar muslim Indonesia bisa menjadi kaum yg ramah thd kultur kreatif, agar peradaban Islam bisa maju lagi.

38. Pandangan Ahok ttg "kenapa Peradaban islam mundur, dan bgmn agar bisa maju" ini buat saya menarik, krn bbrp alasan. Tp break dulu ya :)

Untuk sementar, demikian 38 tweet yang di kicaukan oleh gus , untuk selanjutnya mengenai lanjutan kultwit "Islam di Mata Ahok" akan dilanjutkan beliau nanti malam pkl 21.00 WIB. Dan kalau ada waktu, mungkin akan admin share juga lagi disini. So, keep in touch ya... Silahkan share juga postingan ini sob...

Klik dan Baca juga Artikel Artikel Menarik lainnya
Terimakasih karena telah membaca postingan berjudul : Islam di Mata Ahok (Kultwit full). Semoga Bermanfaat :)

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim)
Sebarkan Ilmu, Dapatkan Pahala, klik tombol dibawah ini ^_^
** Download Aplikasi Kamus Bahasa Arab Tematik Gratis **
Komentar via Facebook

0 Komentar via Blog

Back To Top