Apakah ada Ujian masuk IIUM Malaysia

Diantara para sahabat pasti ada yang bertanya tanya tentang ujian masuk IIUM. Apakah ada ujian masuk IIUM? Sebenarnya jika sahabat sudah mendapatkan offer letter (surat penerimaan) dari universitas antarabangsa Malaysia (UIAM/IIUM) maka artinya sahabat sudah diterima untuk belajar disana, dan tidak ada "tes penerimaan masuk/ujian masuk" lagi.

TAPI nantinya setibanya sahabat di kampus, akan ada satu "UJIAN BAHASA", dimana disini sahabat akan melaksanakan ujian untuk menentukan "LEVEL BAHASA" sahabat. Jadi, seandainya sahabat tidak lulus, sahabat masih tetap belajar di IIUM, tapi harus duduk/menjalani kelas bahasa dahulu.

Jenis ujian bahasa ini sebenarnya hampir sama dengan tes TOEFL atau lebih tepatnya IELTS, dimana IIUM menamakannya dengan EPT (English Placement Test) dan APT(arabic pacement Test). Dan jika sahabat sudah memiliki sertifikat Tefle/IELTS dengan skor tertentu, maka sahabat tidak perlu lagi mengikuti ujian bahasa. Namun sahabat juga harus mengikuti ujian lainnya, yaitu ujian Fardhu Ain (Tentang agama islam).

Untuk format ujiannya, adalah soal pilihan berganda dan juga essay (2 soal). Untuk essay pertama, sahabat akan di suguhkan dengan pertanyaan mengenaichart/graph. Dan pertanyaan essay kedua mengenai opini (agree/disagree). Kalau ada waktu, mungkin nanti admin akan share lebih lanjut mengenai soal ujiannya.

Setelah mengikuti ujian, maka nanti hasilnya akan keluar jika "EX/EXEMPTED" artinya sahabat lulus ujian bahasa, dan gak perlu mengikuti kelas bahasa lagi. Namun jika hasilnya "PASS to Level 4" artinya sahabat harus mengikuti kelas bahasa di level 4. Jika hasilnya "PASS to Level 5" artinya sahabat harus mengikuti kelas bahasa di level 5. Dan seterusnya.

Di IIUM, setiap fakultas memiliki level berbeda untuk bahasanya, dan nanti akan admin share lagi di postingan2 selanjutnya...

Sekian dan Good Luck ya... :))
Klik dan Baca juga Artikel Info Pendidikan lainnya
Terimakasih karena telah membaca postingan berjudul : Apakah ada Ujian masuk IIUM Malaysia. Semoga Bermanfaat :)

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim)
Sebarkan Ilmu, Dapatkan Pahala, klik tombol dibawah ini ^_^
** Download Aplikasi Belajar Bahasa Arab Praktis Gratis **
Komentar via Facebook

5 Komentar via Blog

Assalamualaikum kak ammar, saya rahmat mau nannya apakah untuk ijazah harus di terjemah kan dulu ke b.ingg atau ke b.arab??
Kemudian apakah certifukat toefl/ielts wajib disertakan???
Kemudian format background pendidikan itu hampir sama seperti format CV?!
terimakasih kak
Wassalamualaikum

Kemudian saya juga mau bertanya, bagaimana sih mengawali kalimat dalam menulis background pendidikan dan keluarga??

Untuk ijazah yang berbahasa Indonesia, gak perlu diterjemahkan ke Inggris/arab...
Untuk Toefl/IELTS tidak wajib disertakan, tapi kalau ada lebih baik disertakan juga...
Format background pendidikan sesuai dengan yang kita miliki...
bisa di check disini > http://berbahasa-arab.blogspot.com/2017/03/cara-mendaftar-kuliah-di-iium-universitas-malaysia.html

Untuk permohonan aplikasi yang baru, tidak perlu lagi menulis essay...
Tutorial pendaftaran terbaru bisa dilihat disini > http://berbahasa-arab.blogspot.com/2017/03/cara-mendaftar-kuliah-di-iium-universitas-malaysia.html

Assalamualaikum kak
apakah sudah ada info pendaftaran mahasiswa baru untuk 2018-2019?
makasih kak

Back To Top